Senin, 03 Januari 2011

Mengelola dan merintis taman bacaan anak

Taman Bacaan. Perpustakaan. Rumah Baca. Apapun namanya, semua berkaitan dengan buku dan kegiatan membaca. Sayangnya buku dan kegiatan membaca kurang populer di kalangan anak-anak dibanding televisi dan play station. Ditambah lagi dengan ketiadaan akses terhadap buku karena ketidakmampuan membeli serta langkanya perpustakaan yang menyediakan koleksi buku anak.

Kondisi di atas telah menimbulkan keprihatinan bagi banyak pihak, yang akhirnya bergerak membangun taman bacaan-taman bacaan anak dengan berbagai alasan/latar belakang, model dan gaya. 

Santi Soekanto misalnya. Ia memulai Stasiun Buku karena sebuah rasa cemburu. Waktu itu ia ditakdirkan  bermukim di sebuah negeri yang sangat jauh dari tanah air. Di negeri itu perpustakaan-perpustakaan tersedia bagi seluruh warga kota, tua-muda, miskin-kaya. Gratis. Setiap hari Rabu siang ada waktu mendongeng untuk anak-anak. Pendongengnya profesional, dibayar oleh pemerintah. Lha, anak-anak kita di tanah air bagaimana? Kalau menunggu pemda kapan terwujudnya? Rasa cemburu terbakar. Lalu diresmikanlah Stasiun Buku di ruang tamu rumah kontrakan, yang ukurannya hanya 4 x 4 meter persegi, plus garasi yang cukup teduh. 

Lebih lengkap silahkan download ebooknya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar